Peran Millenial ditengah Pandemi Covid-19



Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh sahabat.
Alhamdulilah kita bertemu lagi dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah ya sahabat.

Gimana nih puasanya sobat, pastinya lancar dong ya, kita harus tetap semangat ya sahabat dalam beribadah walaupun sekarang kita sedang dilanda pandemi covid-19 ini.
Ramadhan kali ini memang terasa berbeda dengan bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari shalat terawih yang dianjurkan dirumah, dilarangnya berbuka bersama (yang melibatkan banyak orang), sampai anjuran shalat Ied yang harus dilakukan dirumah saja.

Sebagai kaum Millenial yang lagi #dirumahaja pasti sahabat sangat mudah merasa bosan karena kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja, mulai dari rebahan, main hp, makan lalu repeat again. Walaupun bulan Ramadhan kali ini #dirumahaja, bukan jadi halangan untuk bermalas-malasan dalam mencari pahala ya sahabat. Masih banyak kok kegiatan positif yang dapat kita lakukan baik secara individu maupun bersama-sama. Salah satu kegiatan positif yang dapat kita lakukan saat #dirumahaja agar bermanfaat dengan sesama yaitu membagikan makanan berbuka puasa dengan orang-orang terdekat maupun dengan tetangga kita. Hal tersebut sebagai langkah kecil bentuk kepedulian kita terhadap sesama selain itu itung-itung sekalian silaturahim dengan tetangga. Selama #dirumahaja kita juga bisa lebih giat lagi membantu pekerjaan orang tua

Selain itu, walaupun kita #dirumahaja nih sahabat, sebagai kaum millennial kita juga bisa mengambil peran penting di tengah pandemic covid-19 ini. Salah satu contohnya yaitu menggunakan social media untuk menyebarkan informasi bermanfaat mengenai cara mencegah agar terhindar covid-19, menghimbau teman-teman maupun keluarga untuk tetap #dirumahaja, selain itu kita juga bisa mengajak teman-teman online saling menshare kebaikan dengan menggalangkan dana secara online melalui platform-platform yang ada, ataupun bersedekah melalui organisasi social yang terjun langsung memberikan bantuan kepada tenaga medis  Hal tersebut merupakan langkah kecil yang dapat kita lakukan selama pandemi untuk membantu tenaga medis yang sedang berjuang menjadi garda terdepan.

Gimana sahabat? masih penasaran gak, kegiatan apalagi nih yang bisa kita lakukan agar bisa membantu sesama. Perlu kita sadari, adanya pandemic covid-19 ini sangat berpengaruh bagi kehidupan ekonomi mulai dari masyarakat kecil, menengah, sampai masyarakat kelas atas. Yang menjadi perhatian kita sekarang yaitu masyarakat kecil yang hanya bergantung dengan berjualan sehari-harinya selain itu begitu banyak driver ojol yang kekurangan pelanggan. Terkadang yang mimin lihat, sangat miris hati kalau lihat kakek-kakek yang berjualan mainan. Walaupun kita belum mempunyai harta yang berlimpah, kita bisa membantu sedikit beban mereka dengan membeli dagangannya walaupun kita tidak membutuhkan.

Walaupun kita belum tau nih kapan Pandemi covid-19 ini akan berakhir, kita harus tetap semangat ya sahabat, dengan #dirumahaja, banyak hikmah yang dapat kita ambil yaitu:
1.    Sahur dan berbuka puasa yang dilakukan #dirumahaja bersama keluarga selama 1 bulan full, yang mana kegiatan ini sangat langkah ya sahabat, apalagi seperti mimin yang kuliahnya merantau ke daerah orang hehehe. Anak rantau pasti sudah kangen banget momen-momen yang langkah kaya gini.
2.    Selama #dirumahaja membuat kita bisa beribadah lebih rajin lagi ya sahabat. Mempunyai lebih banyak waktu luang untuk membaca Al-Qur’an, sholat dhuha, menonton kajian secara online, sholat wajib dan terawih yang bisa dilakukan secara berjamaah dirumah.
3.    Banyaknya waktu luang di rumah, kita bisa mengupgrade ilmu dengan membaca buku, mencoba hobi baru, belajar memasak, dan masih banyak kegiatan positif lainnya yang bisa kita lakukan ya sahabat.


Tidak terasa kita sudah berada di penguhujung tulisan ya sahabat, semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dan diberikan kesehatan serta nikmat dunia dan akhirat. Terima kasih kepada sahabat yang telah membaca tulisan saya, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masa Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Turki Usmani

Masa Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Abbasiyah

Sejarah Masuknya Islam di Indonesia dan di Balikpapan